Minggu, 08 April 2012

Perubahan masyarakat akibat menggunakan MULTIMEDIA di kehidupan sehari-hari

Majunya teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. “Multimedia” adalah salah satu teknologi informasi yang sedang berkembang pada jaman saat ini. Apa sih Multimedia itu? Secara umum multimedia terkandung empat komponen penting: Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.

Kehadiran teknologi multimedia, bukan lagi menjadi barang mewah, karena harganya bisa dijangkau oleh segenap lapisan masyarakat untuk memiliki dan menikmatinya. Artinya, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi tersebut sehingga bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara optimal, baik kecakapan, kognitif, afektif, psikomotrik, emosional dan spiritualnya.

Kenapa harus ada multimedia? Apa sih tujuan dari penggunaan mltimedia? pertanyaan itu mungkin bisa saja keluar untuk orang awam yang belum begitu mengerti tentang multimedia. mungkin dalam proses pembelajaran Secara umum manfaat yang dapat diperoleh dari multimedia adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. secara garis besar multimedia membantu kita meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi, mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi penggunaan multimedia tersebut.

Karena manfaat itulah banyak masyarakat kini beralih menggunakan aplikasi-aplikasi mutimedia. berikut saya akan memberikan salah satu contoh aplikasi multimedia yang mulai digunakan oleh masyarakat

Kamus multimedia elektronik merupakan salah satu contoh bagaimana multimedia boleh digunakan bagi tujuan pendidikan. Berbeda dengan kamus biasa, kamus multimedia elektronik akan memaparkan makna dari suatu perkataan atau istilah yang dikehendaki dengan menggunakan berbagai media seperti audio,video, grafik dan animasi sehingga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan berkesan

Seiring perkembangan jaman mutimedia akan berkembang terus di masyarakat. tidak mengenal usia baik kaum muda atau kaum dewasa maupun tua pun mulai beranjak menggunakan multimedia karena manfaat yang sangat banyak yang ditawarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar